WISATA KOREA SELATAN, FESTIVAL BUNGA TULIP, SOUTH KOREA TULIP FESTIVAL

WISATA KOREA SELATAN, FESTIVAL BUNGA TULIP DI KOREA SELATAN

Dr. Hermansyah Koto

A

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

Bunga Tulip, adalah bunga yang melambangkan rasa cinta dan keindahan dunia. Kecantikan bentuk dan penampilan warnanya sangat sulit digambarkan. Bunga yang identik dengan negeri Belanda ini begitu digemari hampir oleh seluruh umat manusia. Setiap tahun khususnya pada saat musim dingin (Maret, April, dan Mai), ratusan ribu turis berbondong-bondong mengunjungi negeri Belanda hanya sekedar untuk dapat melihat keindahan bunga bernama latin Tulipa prominence ini. Kota yang selalu dikunjungi untuk melihat keindahan tulip di negeri Belanda adalah kota Anna Paulowna, kota Keukenhof dan beberapa kota lainnya seperti Lisse, Noordwijk dan Sassenheim. Kota ini terletak di Belanda Utara (North Holland). Di kota ini, banyak terdapat taman-taman bunga tulip yang menawarkan panorama estetik khas kebun bunga tulip.

DSC_0093

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

Kendati sangat identik dengan negeri Belanda, ternyata bunga Tulip bukanlah bunga asli Belanda. Bunga ini sebetulnya berasal dari Asia Tengah. Bunga Tulip dahulunya adalah bunga yang tumbuh secara liar di kawasan Pegunungan Pamir, Stepa di Kazakhstan, dan Pegunungan Hindu Kush. Karena keindahannya dan kecantikannya, bunga Tulip kemudian mampu memikat Kerajaan Ottoman Turki, sehingga pada tahun 1080 mereka mulai membudidayakannya.B

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

Karena kecantikannya, bunga Tulip kemudian mulai populer dan pembudidayaannya merambah daerah-daerah lain di sekitaran Asia Tengah, seperti Rusia, pesisir Laut Hitam, dan Krimea. Kepopuleran ini terjadi karena bunga tulip seringkali disanjung-sanjung dalam berbagai puisi. Pada abad ke 12 misalnya, Omar Khayam membuat sebuah puisi berjudul “Tulip Bunga Surga”. Selanjutnya, pada abad ke 13, keindahan bunga tulip dijadikan penggalan syair oleh beberapa penyair sufi. Hingga akhirnya pada tahun 1500-an, Tulip mulai diperkenalkan ke Austria (Eropa Timur), dimana pada saat itu, daerah ini berada di bawah kekuasaan Turki Ustmany.

D

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

 Pada tahun 1592, seorang duta besar Austria yaitu Ogier Ghiselain de Busbecq membawa koleksi biji bunga Tulip dari Wina. Biji-biji tersebut kemudian diberikan kepada temannya yang seorang ahli perkebunan Belanda yakni Carolus Clusius. Biji-biji tersebut kemudian ditanam dikebun praktik Universitas Leiden, Belanda pada tahun 1593. Karena hal itu, Carolus Clusius dikemudian hari menjadi tokoh besar dalam sejarah bunga Tulip di Eropa.

Carolus sangat tertarik dengan keindahan bunga Tulip yang ditanamnya. Berbekal pengetahun yang dimilikinya, Carolus kemudian melakukan penelitian untuk memperoleh variasi warna bunga Tulip baru. Penelitianpun berhasil, beberapa variasi warna Tulip baru diperoleh Carolus. Tampilan bunga Tulip yang awalnya sudah indah, semakin menjadi lebih indah berkat penelitian yang dilakukan oleh Carolus. Melihat keindahan warna tersebut, banyak orang-orang disekitar Carolus yang ingin membeli bunga hasil penelitinnya itu. Sebagian besar justru menginginkan Carolus menjual benih bunga Tulip tersebut untuk dibudidayakan kembali. Dan sejak saat itulah bunga tulip menjadi populer di negeri Belanda, sudut-sudut kota dipenuhi dengan pemandangan bunga Tulip yang indah dan menawan.

E

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

Jadi selama ini kita mendengar Bunga Tulip  identik dengan negara Belanda, padahal bukan. Untuk saat ini kita tidak harus pergi jauh agar bisa menikamti keindahan Bunga Tulip melalui Festival Tulip. Sekarang Bunga Tulip  bisa dinikmati di hampir di semua negara Asia, termasuk Singapura.

C

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

Korea Selatan tiap tahunya mempunyai tiga tempat yang popular untuk menikmati keindahan Bunga Tulip, yaitu:

  1. Everland Tulip Festival (http://english.visitkorea.or.kr/enu/ATR/SI_EN_3_1_1_1.jsp?cid=1906831)

Festival Tulip di Everland, berlangsung pertengahan April sampai pertengahan Mai setiap tahunnya. Terdapat hampir 1,2 juta bunga Tulip dari lebih dari 100 macam varietas bunga Tulip, disamping itu kita juga bisa menikmati bermacam macam wahana permainan yang ada di tempat ini. Biaya masuk ke Everland lumayan mahal sekitar 48.000 Won (Rp 560.000), untuk orang asing kalau saya ngak salah ada potongan menjadi sekitar 38-40.000 Won.

Anda juga bisa menggunakan beberapa biro perjalanan yang melaksanakan tour sehari menuju Everland.

Untuk pergi ke Everland bisa dengan menggunakan Subway ataupun bus, waktu perjalanan diperkirakan sekitar 2-2,5 jam untuk mencapai Everland dari kota Seoul:

  • Subway menuju stasiun Jeondae/ Everland, kemudian exit 3, dan naik shuttle bus ke Everland
  • Sinnonhyeon Station, Gangnam Station, Yangjae Station: Bus No. 5002
  • Pangyo, Segok-dong, Suseo Station, Songpa Station, Jamsil Station, Gangbyeon Station: Bus No. 5700
  • Sadang Station, Nambu Terminal (via Bundang and Gwangju): Bus No. 1500-2
  • Gangbyeon Station, Gangdong Station (via Gwangju): Bus No. 1113

 G

Everland Tulip Festival

  1. Shinan Tulip Festival (http://english.visitkorea.or.kr/enu/ATR/SI_EN_3_2_1.jsp?cid=1584299)

Di tempat ini ditanam lebih dari 3 juta bunga Tulip, dan merupakan tempat terbaik untuk pertumbuhan bunga tulip di Korea. Lokasinya cukup jauh dari kota Seoul, ke arah Selatan dari kota Seoul, dan terletak di sebuah pulau Shinan.

Transportasi menuju kesana ada beberapa cara:

  • Gwangju, naik bus menuju Gwangju dari terminal bus seperti ke Taean, turun di Gwangju U-Square Bus Terminal, naik bus lagi menuju Jido, dan turun di Jido Jeomam Dock. (Jadwal Bus: 6:25, 8:30, 9:25, 11:20, 13:00, 15:40, 17:50, 19:00)
  • Mokpo
    Naik bus menuju Mokpo dari terminal bus seperti ke Taean, turun di Gwangju U-Square Bus Terminal, naik bus lagi menuju Jido, dan turun di Jido Jeomam Dock. (Jadwal Bus: 6:45, 7:45, 9:50, 11:20, 14:25, 15:30, 16:30, 18:55)
  • Naik Ferry dari Jeomam Dock menuju Imja Dock, naik bus tranfers menuju festival Tulip (Jadwal Ferry: 07:00-18:30 (setiap 20 menit) / 20:00-22:00 (setiap 1 jam)

H

Shinan Tulip Festival

  1. Taean Tulip Festival (http://english.visitkorea.or.kr/enu/ATR/SI_EN_3_2_1.jsp?cid=1990572)

Taean Tulip Festival terpilih menjadi salah satu dari lima festival Tulip yang paling terkenal di Asia, yang dimulai sejak tahun 2012. Lokasinya berada didaerah pantai di daerah Taean, disini anda akan disuguhi dengan bermacam macam keindahan bunga tulip dalam bentuk beberapa macam konfigurasi, dengan biaya masuk relatif murah, sekitar 9.000 Won (Rp 105.000,-), untuk orang asing dapat potongan sekitar 2.000 Won (Rp 20.000) atau sekitar  7.000 Won (Rp 85.000,-)

Untuk menuju Taean festival, bisa menggunakan bus dari intercity terminal seperti Dong Seoul Bus Terminal ataupun dari Nambu Terminal Seoul dan ambil bus express intercity menuju Termial  bus Taean, biasannya perjalanan sekitar 2,5 – 3 jam. Kemudian ambil bus menuju Gomseom di Gate 19, dan turun di Morenon (sekitar 1 jam). Tidak usah khawatir, bilang saja pada supir busnya pergi ke festival Tulip, maka dia akan menghentikan bus di Festival Tulip Taean.

Kemudian berjalan kaki sekitar 600-700 meter, dan anda akan sampai di Festival Tulip Taean.

K

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

A

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

 J

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

I

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

L

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

T

Taen Tulip Festival, 17 April 2016 (Jenis Ronaldo)

s

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

M

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

n

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

 p

Taen Tulip Festival, 17 April 2016

Advertisements

2 thoughts on “WISATA KOREA SELATAN, FESTIVAL BUNGA TULIP, SOUTH KOREA TULIP FESTIVAL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s